Rabu, 05 Mei 2010

Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Kuesioner
Kuesioner adalah teknik pengumpulan data dengan cara mengirimkan suatu daftar pertanyaan kepada responden untuk diisi. Ada dua macam kuesioner yaitu kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner tertutup, yang artinya adalah kuesioner yang pertanyaan-pertanyaan yang dituliskan telah disediakan jawaban dalam bentuk pilihan, sehingga responden hanya memilih salah satu jawaban yang telah disediakan. Kuesioner tersebut akan dibagikan kepada sampel pemilik UKM eksportir kerajinan tas di Bogor.

2. Wawancara
Wawancara berarti melakukan Tanya jawab secara langsung dengan pihak-pihak terkait. Wawancara adalah salah satu cara pengumpulan data dengan adanya pertemuan dua orang untuk bertukar informasi dan ide melalui tanya jawab (Sugiyono, 2008:410). Wawancara ini dilakukan pada sampel pemilik UKM eksportir kerajinan tas di Bogor.

3. Studi Kepustakaan
Studi kepustakaan merupakan suatu metode pengumpulan data dengan membaca dan mempelajari buku-buku literature, jurnal-jurnal yang berhubungan dengan penelitian yang sedang penulis lakukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar